Kamis, 26 Maret 2020


MEKANISME REAKSI-REAKSI ADISI PADA ALDEHID DAN KETON

Senyawa aldehid dan keton banyak terdapat di alam. Aldehid dan keton menimbulkan bau wangi pada produk parfum dan buah-buahan. Contohnya sinamaldehida yang menghasilkanbau kayu manissinamon dan seveton yang berguna untuk bau musky pada parfum. Baiklah langsung saja kita membahas mengenai mekanisme.




 Adisi Alkohol

        Alkohol merupakan nukleofil oksigen yang bersifat lemah sehingga dibutuhkan katalis asam. Sehingga di produknya menghasilkan Hemiasetal, yang terdiri dari gugus fungsi alkohol dan terdapat eter yang terletak pada aton karbon yang sama. Adisi ini bersifat reversibel.
Mekanisme dalam pembentukan hemiasetal terdapat 3 langkah. Mula-mula oksigen karbonil diprotonasioleh katalis asam. Kemudian oksigen alkohol menyerang karbon karbonil, dan proton dan proton dilepas dari oksigen positif yang dihasilkan.




      Adapun dengan kehadiran alkohol berlebih hemiasetal dapat beraksi kembali sehingga membentuk asetal. Mekanismenya sama sepersi reaksi SN 1. Dari kedua oksigen hemiasetalhanya salah satunya saja yang diprotonasi. Dimana lepasnya air sehingga membentuk karbokation yang terstabilkan resonansi. Nah, reaksi karbokation dengan alkohol ini biasanya berupa pelarut dan berada dalam keadaan berlebihsehinggal menghasilkan asetal.




Adisi Air

        Air sebagai nukleofil oksigen dan dapat pula mengadisi aldehid dan keton secara reversibel. Contohnya formaldehid dalam larutan air sebagai hidratnya.



         Tetapi dengan sebagian besar aldehid dan keton lainnya hidrat tidak bisa diisolasi. Pengecualian terjadi untuk trikloroasetaldehida (kloral) yang membentuk kristal hirat yang stabil CCl3 CH(OH)3.


Adisi Reagen Grignard dan Asetilida

       Disini Reagen Grignard berperan sebagai nukleofil karbon terhadap senyawa karbonil. Mula-mula gugus R dari reagen Grignardmengadisi karbon karbonil secara tidak reversibel, membentuk ikatan karbon baru. Pada reaksi asam-basa adisi ini dapat dikatakan menguntungkan karena produknya (alkoksida) ialah basa yang lebih lemah daripada karbonion asalnya (reagen Grignard). Alkoksida dapat diprotonasi menghasilkan alkohol. Reaksi ini biasanya dilakukan secara perlahan-lahan menambahkan larutan eter dari aldehida ataupun keton dalam larutan eter dari reagen Grignard. Setelah semua senyawa karbonil dirambahkan maka magnesium alkoksida yang dihasilkan dihidrolisis dengan asam berair.




Reaksi reagen Grignard dengan senyawa karbonil merupakan cara yang digunakan untuk menghasilkan alkohol.


Adisi Hidrogen Sianida (HCN)

        Hidrogen sianida (HCN) mengadisi gugus karbonil dari aldehid dan keton secara reversibel dan kemudian membentuk sianohidrin, yaitu senyawa dengan gugus hidroksil dan gugus siano yang mengikat dalam karbon yang sama. Reaksi ini membutuhkan katalis basa.

Mekanisme reaksi



Karena Hidrogen sianida tidak memiliki suatu pasangan elektron bebas pada karbonnya, sehingga tidak dapat berfungsi sebagai suatu karbon nukleofil. Mula-mula basa mengonversi sebagian dari hidtogen sianida menjadi ion sianida, yang berperan sebagai karbon nukleofil.

Adisi Nukleofil Nitrogen

       Amonia, amina dan senyawa yang berhubungan lainnya mempunyai pasangan elektron bebas pada atom nitrogen dan berperan sebagai nukleofil nitrogen pada atom karbon karbonil.
Contoh pada amina primer sebagai berikut



Mula-mula produk adisi tetrahedralyang terbentuk mirip dengan hemiasetal, namun dalam hal ini gugus NH menggantikan salah satu oksigen. Produk adisi ini biasanya tidak stabil. Kemudian pada produk adisi inimelepas air lalu membentuk suatu produk dengan ikatan rangkap karbon-nitrogen. Dengan amina primer produknya disebut imina. Dimanaimina ini mirip dengan senyawa karbonil, kecuali bahwa O digantikan olrh NR.

Permasalahan :

  1. Dalam blog saya diatas telah dijelaskan mengenai Adisi HCN pada aldehid dan keton. Bagaimana yang terjadi apabila HCN disini digantikan oleh asam lainnya seperti HCl, apakah dapat diadisikan ?
  2. Bagaimana yang terjadi apabila pada adisi alkohol, nukleofil oksigen yang bersifat lemahnya dikatalis dengan basa ?
  3. Mengapa dalam Adisi Air, hidrat pada sebagian besar aldehid dan keton lainnya tidak bisa diisolasi ?

3 komentar:

  1. Assalamualaikum Zulia. Perkenalkan saya Nabilah Zahrah (A1C118026) akan mencoba menjawab permasalahan dari zulia pada nomor 2. Pada adisi alkohol jika memakai katalis basa makan akan mengalami reaksi konsensasi aldol dimana suatu senyawa yang menghasilkan aldehid dan alkohol (aldol). Yang mana syaratnya senyawa karbonil harius memiliki atom hidrogen alpa yang terikat pada atom C alpa. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. DESTI RAMADHANI (A1C118010)
    1. menurut saya jika HCN disini digantikan dengan asam lainnya seperti HCL itu tidak bisa karena adisi hidrogen sianida ini akan menghasilkan senyawa yang dikenal dengan "hidroksinitril" dan harus menggunakan HCN jika digantikan dengan asam lain maka senyawa itu tidak akan terbentuk dan tidak bisa dikatakan reaksi adisi HCN.

    BalasHapus
  3. WISLIANA A1C118060
    3. dalam Adisi Air, hidrat pada sebagian besar aldehid dan keton lainnya tidak bisa diisolasi dikarenakan hidrat ini mudah melepas air membentuk senyawa karbonil kembali.Hal itulah yang menyebabkan hidrat pada sebagian besar aldehid dan keton lainnya tidak bisa diisolasi.

    BalasHapus