Jumat, 06 Maret 2020

Mekanisme Reaksi E1


         Pada blog saya sebelumnya saya telah membahas mengenai reaksi E2, nah pada kesempatan kali ini blog saya akan membahas mengenai reaksi E1. Reaksi E1 alkil halida dapat berlangsung dengan penggunaan basa lemah dan menggunakan pelarut yang polar. pada reaksi E1 ini berlangsung dengan dua tahap yaitu tahap Ionisasi dan Deprotonasi.

Tahap 1 : Ionisasi
Pada tahap ini terjadi ionisasi Alkil atau substrat. Tahap ini disebut tahap mekanisme yang lambat. Tahap pertama pada reaksi E1 ini merupakan tahap penentu laju dari keseluruhan reaksinya, dimana laju reaksi hanya bergantung dengan konsentrasi Alkil halidanya saja.



Tahap 2 : Deprotonasi 

Pada tahap ini basa lemah merebut proton dari sebuah atom karbon yang terletak berdampingan dengan karbon positifnya. Suatu elektron ikatan sigma karbon hidrogen bergeser mengikuti arah muatan positif. Sehingga karbon mengalami hibernasi dari keedaan Sp3 ke keadaan Sp2. Jadi dapat dilihat bahwa CH3 ini berada dalam keadaan Sp3. Kemudian apabila suatu hidrogen diambil pada keadaan tansisi sehingga terjadi rehibrisasi dimana CH2 berubah menjadi hibridisasi menjadi Sp2. Kemudian katbon pada produk menjadi hibridisasi Sp2 kembali dan terbentuklah produk 2 metil propena.





Permasalahan :

1. Bagaimana yang terjadi apabila basa merebut proton dari sebuah atom karbon yang tidak berdampingan dengan karbon positifnya ?

2. Mengapa tahap pertama pada reaksi E1 disebut tahap lambat ?

3. Bagaimana yang terjadi apabila dalam reaksi E1 ini menggunakan basa kuat ?



Sumber :

Fessenden, R.J. and J.S. Fessenden, 1982, Kimia Organik, diterjemahkan oleh Pudjaatmakan, A. H., Edisi Ketiga, Jilid 1, Jakarta : Erlangga

3 komentar:

  1. Hai zulia, saya Khusnul Khotimah (A1C118039) akan mencoba menjawab permasalahan no.2. Menurut saya pada tahap pertama disebut sebagai tahap lambat dikarenakan pada tahap ini adanya proses mematahkan ikatan sigma C-X sehingga perlunya Energi Aktivasi yang tinggi sehingga akan berlangsung lebih lama.

    BalasHapus
  2. Hallo zulia perkenalkan nama saya nur khalishah (A1C118052) saya akan menjawab permasalahan no 3 yang zulia ajukan
    Jika dalam reaksi E1 digunakan basa kuat, maka Kemungkinan reaksi E1 tidak terjadi . Sehingga reaksi E1 tidak dapat menggunakan basa kuat dan apabila ia menggunakan basa kuat nanti nya malah akan menjadi reaksi E2

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Zulia
    Saya Firda Oetary (A1C118021) saya akan mencoba menjawab pertanyaan zulia yang no 1 . Jika basa merebut atom karbon yang tidak berdampingan pada karbon positifnya maka rekasi akan tidak stabil karena ada atom yang masih bermuatan dan elektronnya itu tidak penuh/stabil,dimana suatu reaksi itu dikatakan bereaksi dengan sempurna apabila reaksinya itu stabil.

    BalasHapus